Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Wisata Air Terjun Terindah Yang Ada Di Indonesia

6 Wisata Air Terjun Terindah Yang Ada Di Indonesia - Indonesia merupakan negara yang dikenal memiliki wisata alam yang menakjubkan, sehingga tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang memilih untuk berlibur ke Indonesia. Di Indonesia banyak sekali tempat wisata alam yang menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan, seperti salah satu all wisata alam yang sedang naik daun saat ini yaitu air terjun.

Wisata Air Terjun Terindah Di Indonesia

Di Indonesia terdapat banyak sekali air terjun terindah di setiap provinsi dan air terjun ini memiliki keunikannya masing-masing. Tak jarang wisata air terjun ini memiliki panorama alam yang sangat memanjakan mata dan pastinya anda tidak akan menyesal setelah mengunjunginya. Dari sekian banyak Wisata Air Terjun Terindah Di Indonesia.

1. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk adalah air terjun yang terletak di tebing di sampingnya mengalir sungai. Bagi Anda yang ingin menikmati air terjun ini, Anda harus menyusuri sungai dengan jarak kurang lebih 700 meter. Di sini juga telah disediakan semacam perahu yang terbuat dari kendang hasil kreativitas pengelola. Namun bagi Anda yang ingin berpetualang, Anda bisa memilih jalur trail dengan rute naik turun bukit untuk mencapai air terjun ini.

2. Air Terjun Nglirip

Salah satu air terjun terindah di Jawa Timur dan masih terindah di Indonesia adalah Air Terjun Nglirip. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25-30 meter dengan pemandangan alam di sekitarnya. Air terjun ini mempunyai air yang jernih dan juga suasana yang sejuk sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Namun ada mitos yang mengatakan bahwa dilarang bagi pasangan yang sedang menjalin hubungan asmara atau bagi calon pengantin yang akan menikah untuk datang ke air terjun ini, karena dalam waktu kurang dari 40 hari mereka akan berpisah.

3. Air Terjun Sigura-Gura

Air Terjun Sigura-gura Air terjun tertinggi di Indonesia adalah air terjun Sigura-gura. Air terjun Sigura-gura terletak di Medan, Sumatera Utara. Lebih tepatnya, air terjun ini terletak 250 km dari kota Medan. Sumber air yang mengalir di air terjun ini berasal dari Sungai Asahan dan berasal dari Danau Toba yang juga berada di daerah Medan. Air terjun ini bisa dikatakan sebagai air terjun tertinggi di Indonesia karena ketinggiannya mencapai 250 meter.

4. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura Air terjun tertinggi kedua saat ini. Air terjun yang satu ini berada di wilayah Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumbang. Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun yang masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Nama uniknya, Madakaripura, tak lepas dari sejarah yang melekat pada air terjun ini.

Air terjun Madakaripura dikenal sebagai tempat pertapaan Patih Gajah Mada sebelum mengabdi di Kerajaan Majapahit. Air Terjun Madakairipura adalah air terjun yang tidak biasa, air terjun ini membentuk ceruk yang dikelilingi oleh perbukitan yang meneteskan air di seluruh tebing sehingga terlihat seperti sedang hujan. Bahkan sejumlah 3 di antaranya tercurah dan membentuk satu lagi air terjun baru.

5. Air Terjun Nokan Lonayan

Air Terjun Nokan Nayan atau Nokan Lonayan merupakan salah satu air terjun yang berada di pedalaman pulau Kalimantan. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun terbesar dan tertinggi di Indonesia, mencapai 180 meter. Air terjun Nokan Nayan sebenarnya memiliki dua aliran dari dua sumber yang berbeda, yaitu air terjun Nokan Nayan dan air terjun Jongonoi. Meski berbeda, kedua air terjun tersebut jatuh bersama di lembah yang sama.

Air terjun Jongonoi jatuh tepat di sebelah air terjun Nokan Nayan dan memiliki ketinggian yang hampir sama. Dengan bersatunya kedua aliran tersebut maka debit air yang dihasilkan sangat deras. Aliran yang sangat deras ini semakin deras saat musim hujan tiba. Bahkan, derasnya air ini akan membuat kabut yang sangat tebal membumbung tinggi. Di atas kabut ini akan tercipta pelangi alam yang sangat indah. Pemandangan yang cukup menakjubkan akan terjadi di saat seperti ini.

6. Air Terjun Payakumbuh

Air Terjun Payakumbuh Pulau Sumatera memang kaya akan air terjunnya, bahkan air terjun yang sangat tinggi. Setelah air terjun Sigura-gura, selanjutnya adalah air terjun Payakumbuh yang juga merupakan air terjun tertinggi ketiga di Indonesia. Air Terjun Payakumbuh terletak di Ngarai Harau yang berjarak 35 km dari Kota Bukittinggi.

Di daerah ini terdapat perbukitan dimana diantara perbukitan dan lembah Harau terdapat jurang yang sangat dalam. Di ngarai terdapat air terjun yang sangat indah. Keindahan yang tidak biasa dari air terjun ini adalah dipenuhi dengan kupu-kupu terbang, membuatnya sangat istimewa.

Demikian ulasan tentang, 6 Wisata Air Terjun Terindah Yang Ada Di Indonesia. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "6 Wisata Air Terjun Terindah Yang Ada Di Indonesia"