Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Candi Di Indonesia Yang Wajib Banget Anda Kunjungi

Candi Indonesia Yang Wajib Banget Anda Kunjungi - Indonesia sendiri ternyata punya banyak pura yang bisa kamu pilih sebagai destinasi wisata untuk dikunjungi saat liburan akhir pekan atau libur panjang lho.

Menariknya, berbagai Candi Indonesia memiliki cerita sejarahnya masing-masing. Jika ingin mencari tempat wisata yang bisa memukau dan menambah wawasan, bisa banget datang ke 9 candi dengan pemandangan yang indah. Berikut beberapa candi terbesar di Indonesia yang wajib banget kamu kunjungi saat liburan

Candi Di Indonesia Yang Wajib Banget Anda Kunjungi

Kali ini all wisata akan membagikan info tentang ada beberapa candi di Indonesia yang sangat terkenal dengan keindahannya. Kami menemukan 9 nama nama candi di Indonesia beserta letaknya yang cocok buat Anda kunjungi jika ingin menikmati hari liburnya. Yang pertama adalah;

Candi Muaro ( Jambi )

Candi ini terletak di Provinsi Jambi yang merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Candi Muaro ditemukan oleh seorang letnan Inggris, S.C. Crooke, pada tahun 1824. Pemerintah Indonesia kemudian mulai serius merenovasi Candi Muaro Jambi pada tahun 1824.

Di bawah kepemimpinan R. Soekmono. Berdasarkan aksara Jawa Kuna yang ditemukan pada beberapa lempengan, dapat diketahui bahwa candi bersejarah ini didirikan sekitar abad ke-9 hingga abad ke-12 Masehi.

Candi Sari ( Yogyakarta )

Candi Sari merupakan peninggalan sejarah bercorak Budha yang dibangun sekitar abad ke-8 Masehi, dibangun bersamaan dengan pembangunan Candi Kalasan. Kedua candi yang dibangun secara bersamaan ini memiliki banyak kesamaan, baik dari segi arsitektur maupun reliefnya.

Meski memiliki banyak kesamaan, namun perkembangannya memiliki tujuan yang berbeda. Candi Sari dibangun sebagai asrama bagi para pendeta, namun Candi Kalasan dibangun dengan tujuan untuk memuja Dewi Tara.

Candi Prambanan

Terletak di daerah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Candi Prambanan juga dikenal sebagai Candi Roro Jonggrang. Kompleks Candi Prambanan merupakan kawasan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini dibangun sekitar abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno.

Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta dan sekitarnya. Sebab, lokasinya sangat strategis, yaitu jalan utama Yogyakarta-Solo. Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal sebesar Rp 50.000 per orang, sedangkan untuk wisatawan asing sebesar USD 25 atau Rp 362.500 per orang.

Candi Plaosan

Jika ingin menghemat budget liburan, Candi Plaosan bisa menjadi destinasi wisata pilihan karena harga tiketnya hanya Rp. 5.000. Candi Plaosan terletak di daerah Klaten, Jawa Tengah. Candi Plaosan terbagi menjadi dua bagian. Plaosan Kidul (selatan) dan Plaosan Lor (utara). Candi ini merupakan peninggalan Buddha. Namun, arsitekturnya merupakan perpaduan antara Hindu-Budha. Candi ini merupakan tujuan alternatif yang cocok untuk mengalihkan keramaian di Borobudur dan Prambanan.

Candi Brahu ( Jawa Timur )

Candi bergaya Buddha ini diduga merupakan peninggalan sejarah Kerajaan Mataram Kuno. Dilihat dari sejarahnya, Candi Brahu didirikan oleh Empu Sendok, seorang raja dari Kerajaan Mataram Kuno. Hal ini dibuktikan dengan prasasti yang terletak 45 meter di sebelah barat Candi Brahu. Prasasti tersebut menunjukkan bahwa pembangunan Candi Brahu ini atas perintah Raja Empu Sendok dari Kahuripan. Candi ini dianggap lebih tua dari Kerajaan Majapahit.

Candi Dieng

Kompleks candi ini berada di kawasan wisata dataran tinggi Dieng jawa tengah. Candi Dieng terdiri dari 8 bangunan. Nama-nama tersebut diambil dari nama-nama wayang. Diantaranya adalah Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra, Candi Bima, Candi Dwarawati, dan Candi Gatotkaca.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo adalah nama sebuah kompleks candi bergaya Hindu yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Nama Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa yaitu Gedong yang artinya bangunan dan Songo sembilan.

Thomas Stamford Raffles adalah penemu candi ini sekitar tahun 1804. Hingga saat ini Candi Gedong Songo menjadi salah satu tujuan wisata populer di Semarang. Harga tiket masuknya cukup murah yaitu Rp. 10.000 pada hari biasa, dan Rp. 15.000 pada akhir pekan.

Candi Ratu Boko

Candi ini menjadi perbincangan setelah dijadikan lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta? (AADC) 2. Candi Ratu Boko terletak di Sleman, Jogjakarta. Ratu Boko merupakan cagar budaya yang terletak dekat dengan candi Prambanan.

Keistimewaan candi ini adalah memiliki gerbang yang megah dan area yang luas yang dihiasi dengan rumput. Waktu terbaik untuk mengunjungi Ratu Boko adalah saat matahari terbenam. Karena, gerbang megah itu menghadap matahari terbenam, yang merupakan pemandangan yang sangat indah.

Candi Cetho

Candi Cetho terletak di Karanganyar, Jawa Tengah. Kompleks candi ini digunakan oleh warga sekitar dan peziarah Hindu sebagai tempat peribadatan. Pura ini merupakan tempat pertapaan di kalangan penganut kepercayaan asli Jawa atau Kejawen. Salah satu spot menarik dari candi ini adalah gapuranya. Terkesan estetis, seperti sejumlah pura di Bali. Untuk mengunjungi candi ini, tiket masuk dikenakan biaya Rp. 10.000 per orang.

Demikian ulasan tentang, Candi Indonesia Yang Wajib Banget Anda Kunjungi. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Candi Di Indonesia Yang Wajib Banget Anda Kunjungi"