Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Destinasi Wisata Sejarah Di Indonesia Yang Sangat Populer

Destinasi Wisata Sejarah Di Indonesia Yang  Sangat Populer - Bangsa Indonesia adalah negara yang sangat beruntung. Selain memiliki kekayaan alam yang tinggi, negara ini juga memiliki sejarah yang panjang. Mulai dari masa kejayaan kerajaan-kerajaan di masa lalu hingga peristiwa sejarah modern seperti perjuangan rakyat merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, semuanya terarsip dengan baik di berbagai tempat all wisata sejarah di Indonesia.

Tempat Wisata Bersejarah di Indonesia

Untuk rencana liburan Anda selanjutnya, akan sangat menyenangkan jika bisa mengunjungi tempat-tempat yang termasuk dalam buku pelajaran sejarah di sekolah. Selain memiliki daya tarik yang unik, terdapat juga banyak tempat wisata sejarah yang keren di Indonesia. Penasaran? Cek langsung destinasi Wisata Sejarah Di Indonesia populer berikut ini:

Fort Rotterdam

Tempat wisata sejarah Benteng Fort Rotterdam dibangun pada masa kerajaan Gowa-Tallo, tepatnya pada masa pemerintahan Gowa ke-9 pada tahun 1667. Tempat wisata sejarah di Indonesia ini terletak di pesisir barat kota Makassar dan dulunya bernama Benteng Ujung Pandang. Bangunan bersejarah itu menjadi saksi bagaimana pemerintah kolonial Belanda berhasil menjajah bangsa Indonesia dan kehilangan kekuasaannya beberapa waktu kemudian.

Ketika Kerajaan Gowa harus mengakui kekalahan dari penjajah, benteng ini diserahkan kepada VOC kemudian berganti nama menjadi Fort Rotterdam. Setelah itu, benteng tersebut dijadikan sebagai pusat pertahanan sekaligus tempat penampungan rempah-rempah bagi Indonesia bagian timur. Ketika kekuasaan pemerintah kolonial Belanda goyah, benteng ini direbut kembali oleh pasukan yang dipimpin oleh Sultan Hasanudin.

Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus dibangun sekitar tahun 1549 dan memiliki penampilannya yang sangat unik terlihat bahwa bangunan tempat ibadah umat Islam ini merupakan perpaduan budaya Hindu-Budha dengan Islam. Wajar saja, karena saat itu kepercayaan Hindu-Budha masih kuat. Berkat peran aktif Sunan Kudus sebagai salah satu anggota dalam menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa, masjid ini mampu berdiri.

Wisata sejarah ini memiliki ciri khas berupa menara setinggi 18 meter dan masuk dalam daftar masjid tertua di Indonesia. Berkunjung ke destinasi wisata sejarah di Indonesia, Anda sekaligus bisa mengunjungi makam Sunan Kudus yang terletak di sisi barat masjid ini. Anda juga bisa menjadi bagian dari Festival Dhandhangan yang diadakan oleh warga sekitar untuk menyambut bulan Ramadhan saat berkunjung ke tempat wisata sejarah ini.

Taman Sari

Salah satu destinasi wisata bersejarah dan ikonik di Indonesia adalah Taman Sari. Bangunan yang memakan waktu 9 tahun pembangunan ini pertama kali digagas pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I sebagai taman atau taman istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Dengan luas 10 hektar, kompleks Taman Sari terdiri dari kolam pemandian, jembatan gantung, dan kanal air. Seorang arsitek Portugis bernama Demang Tegis adalah penanggung jawab pembangunan Taman Sari. Tempat wisata sejarah di Indonesia ini telah melewati berbagai peristiwa sejarah, mulai dari penjajahan Belanda dan Jepang, kemerdekaan bangsa Indonesia, dan selamat dari gempuran Inggris tahun 1812 dan juga gempa bumi tahun 1876.

Istana Maimun

Terletak di Medan, Istana Maimun yang megah merupakan peninggalan Kesultanan Deli. Tempat wisata bersejarah di Indonesia ini dibangun sejak 26 Agustus 1888 hingga selesai pada 18 Mei 1891, dan hingga kini masih berdiri megah dan kokoh. Bangunan bersejarah yang identik dengan warna kuning keemasan cerah ini merupakan karya arsitek Italia bernama Theo Van Erp.

Dengan kecerdasannya yang cemerlang dia berhasil memadukan konsep arsitektur tradisional bergaya Melayu Timur Tengah dan Eropa ketika membangun istana ini. Konsep arsitektur yang unik ini kemudian dilengkapi dengan furnitur yang tidak kalah mewahnya, menjadikan Istana Maimun salah satu ikon wisata sejarah di Indonesia yang wajib Anda kunjungi.

Kota Lama Semarang

Kawasan Kota Tua di Semarang merupakan lanskap bersejarah. Pernah menjadi pusat perdagangan yang ramai pada abad 19 dan 20, kawasan Kota Lama Semarang memiliki sekitar 50 bangunan kuno yang masih berdiri kokoh dan memiliki nilai sejarah tinggi.

Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata sejarah Indonesia ini akan disuguhi sebuah bangunan dengan arsitektur kontinental Eropa sekitar tahun 1700-an lengkap dengan atap yang unik penggunaan kaca warna-warni serta pintu dengan jendela yang besar.

Kawasan yang begitu tua dan bersejarah ini, rencananya Kota Lama Semarang akan diusulkan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota Lama Semarang tidak hanya menarik perhatian wisatawan domestik. Banyak turis asing juga berwisata ke daerah ini. Jika ingin menambah wawasan sejarah destinasi wisata ini bisa menjadi pilihan yang menarik.

Tirta Gangga

Tirta Gangga adalah sebuah bangunan bersejarah bekas istana kerajaan Karangasem yang terletak di bagian timur pulau Bali. Terletak dekat dengan Gunung Agung, bangunan taman ini terkenal dengan istana airnya yang indah. Kompleks taman dan bangunan ini berukuran satu hektar yang dibangun pada tahun 1946 oleh Raja Karangasem.

Demikian ulasan tentang Destinasi Wisata Sejarah Di Indonesia Yang  Sangat Populer semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Destinasi Wisata Sejarah Di Indonesia Yang Sangat Populer"