Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengetahui Asal Usul Dan Destinasi Wisata Raja Ampat

Mengetahui Asal Usul Dan Destinasi Wisata Raja Ampatnn - Raja Ampat adalah sebuah pulau kecil yang terdapat di Papua Barat. Ini terkenal dengan pemandangan pulau yang menakjubkan. Saya jamin Anda akan menikmati pemandangan indah yang disediakan Raja Ampat.

Banyak sekali traveler dari seluruh dunia yang memimpikan untuk pergi ke tempat ini, keindahan Raja Ampat yang konon surga dunia. Namun harga untuk sampai ke tempat ini dikenal sangat mahal. Berikut destinasi yang bisa kamu tuju saat berwisata ke Papua Barat atau yang lebih dikenal dengan Wisata Raja Ampat.

Asal Usul Nama Raja Ampat

Siapa yang tidak kenal dengan Raja Ampat. Ya, kini destinasi wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun internasional karena keindahan alamnya yang memukau. Destinasi wisata populer di Provinsi Papua Barat ini memiliki catatan sejarah yang unik, terutama mengenai asal mula terbentuknya nama Raja Ampat.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, Yusdi N Lamatenggo, asal usul nama Raja Ampat memiliki beberapa versi dari masing-masing daerah. Salah satu versi yang paling populer dikenal masyarakat adalah nama Raja Ampat yang diambil dari kisah raja-raja dan empat pulau terbesar, yaitu Waigeo, Salawati, Misool, dan Batanta. Dari masing-masing pemimpin di pulau tersebut diketahui awal mula nama Raja Ampat. Versi lain, yang didasarkan pada pemerintah.

Sebelumnya di kawasan ini juga terdapat kawasan Kesultanan Tidore. Oleh karena itu mereka menciptakan pemimpin di masing-masing pulau besar di dekat wilayah kesultanan, yaitu Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool. Ada juga yang percaya bahwa nama Raja Ampat diambil dari sebuah legenda di Papua yaitu Tujuh Telur. Dimana diceritakan oleh masyarakat setempat bahwa seorang wanita dari pasangan suami istri menemukan tujuh butir telur di perairan Kali Raja. Kemudian, telur tersebut dibawa pulang dan disimpan dengan hati-hati hingga menetas.

Dari tujuh telur itu, muncul empat jantan dan satu betina. Masing-masing bernama Giwar, Tusan, Mustari, Pin Tike, dan Kilimuri. Sementara itu, dua telur lagi berubah menjadi berbagai macam. Satu telur menjadi hantu, sementara telur lainnya berubah menjadi batu. Hingga suatu hari, keempat anak laki-laki itu berpisah. Masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur, dan juga Misool Barat.

Sementara itu, seorang putri bernama Pin Tike melahirkan seorang putra yang diberi nama Gurabesi. Orang-orang percaya bahwa dia dan pasukannya menguasai Kesultanan Tidore, Maluku. Itulah beberapa sejarah asal mula nama Raja Ampat. Jika  Anda punya waktu untuk berlibur, cobalah berwisata ke Raja Ampat dan telusuri sejarah serta keindahan alamnya.

Destinasi Wisata Raja Ampat 

Berikut beberapa destinasi all wisata terpopuler di raja ampat yang dapat Anda kunjungi ketika ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Pianemo

Dikenal sebagai tempat snorkeling terbaik di Indonesia. Pianemo atau Painemu merupakan gugusan pulau karang yang tersebar di sekitar lautan. Pulau ini juga dikenal sebagai pulau karang terindah setelah pulau Wayang dan Kabui. Pianemo juga merupakan spot terbaik untuk menikmati keindahan Raja Ampat dari atas. Nikmati gugusan pulau dan samudra biru. Banyak wisatawan yang mengambil foto bagus di tempat ini. Yang menjadikan spot ini sebagai tempat nomor satu untuk berfoto.

Laguna Bintang atau Star Lagoon

Destinasi kedua ini bernama Star Lagoon yang berbentuk seperti bintang dengan laguna hijau. Fakta menarik tentang tempat ini adalah tidak terbuat dari tangan manusia tetapi dibuat 100% oleh alam, bukankah itu luar biasa? Wisatawan yang ingin memiliki lokasi laguna yang lebih besar harus mendaki bukit untuk dapat menikmati pemandangan Star Lagoon. Di atas bukit Anda bisa melihat laguna jernih yang dikelilingi tebing. Hanya membutuhkan waktu 10 menit saja dari pulau Pianemo dengan perahu.

misool

Misool adalah pulau indah di Raja Ampat yang memiliki daya tarik bawah laut yang spektakuler untuk Anda para traveler. Saat snorkeling di bawah air Anda tidak hanya akan melihat karang dan ikan yang indah berenang di sekitar Anda. Tapi Anda juga akan melihat atraksi dari hiu dan Kalabia. Jika Anda bertanya-tanya apa itu Kalibia, nah Kalibia adalah hewan endemik dari Raja Ampat yang tidak akan Anda temukan di tempat lain kecuali di Raja Ampat.

Selain daya tariknya, Anda juga akan menemukan pulau hiu dengan ubur-ubur yang tidak memiliki sengat. Yang aman bagi Anda untuk berinteraksi. Ada juga batu kart, dan lukisan kuno misterius seperti cetakan tangan, lukisan ikan, perahu dan masih banyak lagi lukisan di pulau Misool.

Pulau Arborek

Apakah wajib bagi Anda para traveler untuk datang ke Pulau Arborek, selain menikmati panorama yang menakjubkan? Anda harus mengenal orang-orang lokal yang tinggal di desa. Mereka sangat ramah dan akan memberikan senyum terbaik saat bertemu dengan mereka. Wisatawan dari luar Indonesia harus belajar bahasa Indonesia terlebih dahulu sebelum datang ke tempat ini.

Yang akan memberi Anda keuntungan seperti dapat berbicara dengan penduduk lokal dan memahami apa yang dibicarakan penduduk setempat. Ini akan menjadi waktu yang tepat bagi wisatawan untuk bertemu penduduk lokal dan belajar tentang budaya mereka.

Demikian ulasan tentang, Mengetahui Asal Usul Dan Destinasi Wisata Raja Ampat. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Mengetahui Asal Usul Dan Destinasi Wisata Raja Ampat"