Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simak Deretan Wisata Air Terjun Terbaik Di Jawa Tengah

Simak Deretan Wisata Air Terjun Terbaik Di Jawa Tengah - Berkunjung ke Jawa Tengah tidak selalu harus mengunjungi situs sejarah atau mungkin pantainya yang indah. Namun jika anda ingin berwisata anti mainstream dan menjelajahi panorama alam Jawa Tengah yang terkenal sangat indah, anda bisa mencoba mengunjungi beberapa air terjun Jawa Tengah yang tentunya tidak kalah indahnya dengan pesona keindahan air terjun di daerah lain.

Daftar Wisata Air Terjun Terbaik Di Jawa Tengah

Jadi, air terjun mana yang harus Anda ketahui di balik surga keindahan alam di Jawa Tengah? Berikut adalah deretan Daftar Wisata Air Terjun Jawa Tengah yang bisa Anda jadikan referensi untuk berlibur bersama keluarga.

Air Terjun Bengkawah Pemalang

Jika anda singgah di kota Pemalang, cobalah mencari destinasi wisata air terjun Pemalang yang terletak 35 km sebelah selatan kota Pemalang, tepatnya di Desa Sekasur, Kecamatan Belik, Pemalang. Pesona indah air terjun jawa tengah ini bisa anda tempuh dengan menggunakan sepeda motor dari jalur pantura dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dengan mengambil arah menuju randudongkol sampai anda tiba di terminal randudongkol.

Dari terminal, Anda bisa berbelok ke kanan sekitar 100 meter dan terdapat gapura yang menunjukkan jalan menuju air terjun Bengkwah dengan jarak kurang lebih 1 km. Kemudian Anda bisa melakukan perjalanan dengan berjalan kaki. Sesampai di sana, Anda akan disuguhkan pemandangan alam air terjun Jawa Tengah yang sangat eksotis seperti air terjun Niagara mini, sehingga pengunjung yang datang ke sini dilarang keras mandi di bawah air terjun.

Air Terjun Gedad Playen

Satu lagi, air terjun di Jawa Tengah yang cukup indah namun belum banyak dikenal masyarakat adalah air terjun Gedad Playen. Terletak di Dusun Gedad, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, memiliki ketinggian 10-15 meter dengan punuk dan tembok yang cukup lebar. Anda bisa mencapai air terjun yang mirip Taman Sungai Mudal di Kulon Progo ini dengan mengambil jalan Wonosari yang mengarah ke air terjun Srigethuk.

Sampai di pertigaan arah Srigethuk, Anda bisa berbelok ke kiri dengan menempuh jarak 3 km hingga tiba di perempatan balai desa Banyusoco. Dari sini belok kiri sejauh 1 km sampai menemukan tanda yang mengarah ke air terjun Gedad. Ikuti jalan tersebut hingga akhirnya tiba di lokasi.

Air Terjun Sewu

Terletak di Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, air terjun di Jawa Tengah ini memiliki tiga tingkat masing-masing 15, 45 dan 20 meter. Di sisi lain, air terjun ini juga memiliki berbagai fasilitas seperti gardu pandang, kebun binatang, kolam renang dan taman bermain. Untuk mengunjungi lokasi wisata ini, anda yang menggunakan kendaraan umum seperti bus bisa naik jurusan Mangkang dari kota Semarang.

Sesampainya di terminal Mangkang, naik bus jurusan Sukorejo yang akan melewati Kaliwungu, Waleri dan tentunya Sukorejo. Sesampainya di Sukorejo, Anda bisa naik ojek untuk menuju ke air terjun Sewu. Akses menuju lokasi yang mudah membuat banyak wisatawan yang mampir dan menghabiskan liburannya di lokasi ini.

Air Terjun Songgolangit

Dengan ketinggian 80 meter dan lebar 2 meter, air terjun Songgolangit ini menjadi destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di Desa Bucu, Kecamatan Kembang atau 30 km dari kota Jepara. Wisata air terjun di Jawa Tengah ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan keanekaragaman kupu-kupu yang bisa Anda nikmati di sana. Untuk akses menuju lokasi, Anda bisa menggunakan transportasi umum.

Berangkat dari terminal bus Jepara, Anda bisa naik bus jurusan Pati atau Bangsri dan turun di pertigaan yang mengarah ke desa Cepogo. Dari lokasi ini, Anda bisa menyewa ojek yang akan mengantar Anda ke lokasi wisata air terjun Songgolangit.

Air Terjun Kedung Kayang

Jalan-jalan ke Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, tidak akan berkesan jika tidak mampir ke sebuah air terjun di Jawa Tengah yang dikenal dengan nama air terjun Kedung Kayang. Dengan latar belakang Gunung Merapi yang indah dan Gunung Merbabu yang menjulang ke langit, air terjun ini berada di ketinggian kurang lebih 300 meter di atas permukaan laut.

Sedangkan rute untuk mencapai lokasi wisata ini, Anda bisa memulai perjalanan dari Ketep Pass yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan lurus hingga sampai di perempatan pertama. Dari sini, Anda bisa belok kiri dengan mengambil jalur ke Boyolali.

Di sepanjang jalur ini, Anda akan menemukan rambu-rambu yang mengarah ke lokasi wisata air terjun Kedung Kayang. Kurang lebih 3 km dari Ketep, Anda akan menemukan pertigaan kecil dan Anda bisa berbelok ke kiri dimana Anda akan menemukan gerbang objek wisata air terjun di Jawa Tengah.

Air Terjun Silangit

Memiliki tiga tingkat berbeda yaitu 30 meter, 10 meter dan 10 meter, keindahan air terjun Silangit ini bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Dusun Jaketro, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Purworejo. Salah satu wisata air terjun di Jawa Tengah ini memiliki daya tarik tersendiri dengan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan selama berwisata di sana.

Demikian ulasan tentang Simak Deretan Air Terjun Jawa Tengah Yang Bisa Anda Jadikan Referensi Untuk Berlibur semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Simak Deretan Wisata Air Terjun Terbaik Di Jawa Tengah"