Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Air Terjun Menakjubkan Di Gorontalo Patut Untuk Dikunjungi

Wisata Air Terjun Menakjubkan Di Gorontalo Patut Untuk Dikunjungi - Gorontalo menjadi salah satu pusat peradaban Islam beberapa abad yang lalu, mengingat di daerah ini kerajaan Islam tertua di Nusantara tidaklah mengherankan. Jika tempat ini dijuluki Serambi Madinah, mengingat tempat ini juga memiliki kontribusi dan cerita tersendiri tentang penyebaran Islam saat itu. Namun, Gorontalo juga memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi.

Daftar Wisata Air Terjun Terletak Di Gorontalo

Disini All Wisata akan menjelaskan tentang wisata air terjun di gorontalo yang menakjubkan dan patut untuk dikunjungi. Berikut 4 Daftar wisata air terjun yang terletak di pulau sulawesi gorontalo

Air Terjun Tenilo

Kawasan wisata ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat, akibatnya kondisinya agak kurang terawat. Jarang ada wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Tenilo, padahal pesona alamnya tidak kalah bagusnya. Namun begitu berlibur di destinasi alam ini dijamin kamu akan betah dan ingin berlama-lama. Sayangnya, potensi tersebut belum menyentuh masyarakat luar.

Air terjun ini terletak di Kecamatan Tilamuta, tepatnya di Desa Tenilo, Kabupaten Boalemo. Jaraknya kurang lebih 200 meter bila berangkat dari pemukiman penduduk. Kondisi pariwisata cukup memprihatinkan, hal ini disebabkan perluasan areal perkebunan. Dampak dari kegiatan perkebunan ini membuat cadangan air berkurang, sehingga debit air terjunnya kecil.

Meski ekosistemnya mulai memburuk, keindahan air terjunnya tidak berubah. Anda akan menemukan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Pemandangan di sekitarnya sangat indah didukung oleh udara yang sejuk, serta suasana alam yang nyaman untuk melepas penat. Di sekitar bebatuan terdapat bebatuan yang bertumpuk sehingga air terjun terlihat gagah.

Ada kolam penampungan tepat di bawah air terjun, jadi Anda bisa bebas bermain air di sini. Debit airnya cenderung rendah, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat berenang di kolam renang. Anda bisa menggunakan beberapa gazebo di sekitar air terjun untuk istirahat sejenak. Perpaduan rimbunnya pepohonan dan bebatuan loncatan akan menjadi background foto yang instagramable.

Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Sayang sekali jika Anda berkunjung ke Gorontalo tapi belum menginjakkan kaki di sini. Air terjun ini diselimuti perbukitan hijau dengan hutan yang cukup perawan. Bentuk air terjunnya cukup unik diimbangi dengan panorama alam yang menawan. Anda akan menemukan air terjun dengan tebing bertingkat, dan bebatuan yang memanjakan mata.

Untuk sampai ke destinasi alam ini, Anda harus melalui perjalanan yang panjang. Kemudian akan melewati hutan lindung yang masih alami dan asri. Jika Anda berangkat dari pusat kota, Anda harus menempuh jarak sekitar 160 kilometer. Kurang lebih 4-5 jam menggunakan transportasi darat, kemudian sampai di Kabupaten Gorontalo Utara. Kemudian lanjutkan petualangan menuju lokasi air terjun sekitar 125 km.

Selama perjalanan anda akan diajak mendaki daerah perbukitan, sejuknya angin dataran tinggi juga menemani anda. Begitu sampai di lokasi Anda akan disambut dengan suasana alam yang damai dan tenang. Tepat di depan mata terlihat air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter. Di sekelilingnya terdapat tebing batu hitam dan terasering, terkesan gahar tapi menyejukkan.

Air yang jatuh membuat suara gemericik yang indah, membuat siapa pun merasa nyaman. Di kiri kanan air terjun terdapat pepohonan yang rindang, seolah menambah rindangnya wisata alam ini. Aliran air dari atas ketinggian mengalir ke kolam alami yang terletak di bawah air terjun. Tidak perlu khawatir terseret arus karena debit airnya relatif sedang.

Coba rasakan segarnya air dengan berenang sepuasnya di kolam penampungan. Sensasi dingin aliran menembus permukaan kulit. Jika enggan berbasah-basah, duduk santai di bebatuan bisa menjadi pilihan. Jangan lupa untuk membawa kamera beresolusi tinggi dan penyimpanan yang besar. Pemandangan alam di sekitar air terjun ini sayang jika dilewatkan dari jepretan kamera.

Air Terjun Taludaa

Tempat selanjutnya yang tak kalah menarik di kota Gorontalo adalah Air Terjun Taludaa. Air terjun ini memiliki ketinggian 46 meter dari permukaan tanah dan memiliki lebar 17 meter yang membuat tempat ini tahan untuk menghujani Anda dengan air yang cukup banyak. Namun, Anda harus sedikit berhati-hati saat musim hujan tiba.

Karena debit air yang ada tentunya akan mengalami peningkatan dan kemungkinan terburuknya adalah longsor yang terbawa oleh air. Dari posisi sampai di tempat ini akan membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai ke lokasi air terjun nantinya.

Air Terjun Didingga

Satu lagi all wisata dengan konsep air terjun di Gorontalo, hampir setiap tempat wisata memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya adalah air terjun yang satu ini karena tempat ini dikelilingi oleh bebatuan hitam legam khas dataran tinggi. Dan air terjunnya selalu menghamburkan air dengan warna putih bersih dan jernih.

Tentunya saat melihat pemandangan ini bisa sedikit menghibur dan menghilangkan rasa lelah Anda. Tempat ini juga bisa menjadi background foto yang sangat keren ketika digunakan untuk berfoto nantinya. Cobalah untuk menjaga dan merawat keindahan tempat ini ya teman-teman.

Demikian ulasan tentang Inilah Wisata Air Terjun Gorontalo Yang Menakjubkan Dan Patut Untuk Dikunjungi semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Wisata Air Terjun Menakjubkan Di Gorontalo Patut Untuk Dikunjungi"